5 Manfaat Micro Influencer Instagram Untuk Kembangkan Bisnis Anda

apa itu influencer

Jadi, biarkan perbedaan tersebut menjadi keunikan positif untuk bisnis Anda. Dalam rangka mengikuti tren, brand memang diharuskan untuk membangun image mereka pada dunia digital, terlebih lagi pada platform yang langsung berinteraksi dengan konsumen. Untuk mendekatkan diri pada target pasar yang lebih spesifik, penggunaan influencer marketing atau juga dikenal sebagai KOL kian marak untuk mempromosikan brandterkini.

Dalam memilih influencer yang akan membawa pesan brand tidak bisa dilakukan sembarangan dan hanya memperhatikan jumlah followers-nya saja. Implementasi influencer marketing diharapkan mampu membuat banyak orang tergugah terhadap produk atau jasa perusahaan kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian. Contohnya, perusahaan kosmetik dapat memilih influencer dari kalangan beauty blogger agar mampu mendapatkan segmentasi yang sesuai, yaitu wanita muda yang suka berdandan. Namun ada juga influencer Indonesia yang jumlah followernya tidak terlalu banyak namun tetap memberikan pengaruh pada banyak orang. Inilah yang membuat seorang pemilik bisnis menggandeng influencer untuk mempromosikan produknya. Setelah memperluas pangsa pasar, Anda juga akan mendapatkan followers setelah melakukan endorsement dari seorang influencer. Maka dengan banyaknya followers pada akun sosial media bisnis Anda, dapat meningkatkan kepercayaan di mata calon konsumen terhadap akun media sosial yang bisnis Anda miliki.

Sehingga para konsumen tidak ragu dalam menentukan apakah akun media sosial yang Anda miliki Fake atau tidak. Maka followers nya akan lebih menyukai produk atau jasa yang digunakan oleh seorang influencer yang mereka sukai atau mereka idolakan. Jika Anda membangun sebuah bisnis baru, strategi influencer marketing bisa menjadi awal baru dalam meningkatan brand awareness. Influencer adalah seorang pengguna sosial media yang memiliki pengaruh dan memiliki follower banyak. Influencer ini kerap dipekerjakan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Influencer marketing adalah strategi marketing untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa melalui “influencer”.

Seorang influencer marketing biasanya aktif di media sosial seperti Instagram yang memiliki karakteristik topik. Serta biasanya ia akan mengunggah konten foto atau video secara reguler tiap harinya. Platform media sosial yang biasa digunakan seperti Instagram, Twitter, Blog, bahkan YouTube. Misal Hans Danial melalui akun Instagram @eatandtreats yang fokus membahas makanan mulai dari tips & trik memasak dan kasih rekomendasi makanan.

Sedangkan influencer itu sendiri merupakan seseorang yang dianggap mampu memberikan influence/pengaruh ke orang lain untuk melakukan suatu tindakan. Dalam konteksnya, biasanya seorang influencer itu dari kalangan artis, selebgram, model, public figure, dan lain-lain karena memang memiliki pengikut yang banyak. Mereka adalah influencer yang memiliki followers sebanyak 10, 000 sampai 100, 000 orang. Yaitu mereka yang telah lama berkecimpung di media sosial dan memproduksi konten yang populer. Konten tersebut biasanya tidak memiliki niche tertentu, hanya saja mereka sering menjadi trending topic atau viral di media sosial. Seorang influencer yang disukai dan memiliki banyak penggemar, biasanya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pengikutnya secara emosional. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan dan pebisnis untuk memasarkan produk atau jasanya.

apa itu influencer

Influencer dianggap lebih dapat membuat masyarakat percaya akan suatu brand yang dipromosikannya dan hingga akhirnya mempengaruhi mereka untuk menjadi konsumen di toko online. Sebagai contoh misalnya seperti tokoh-tokoh fiktif, mereka telah menawarkan cara-cara yang sudah teruji dan benar untuk dapat membangun hubungan yang dipersonalisasi antara produk dan konsumen. Akhirnya, juru bicara berpengaruh ini memengaruhi influencer media sosial modern yang telah membangun followers atau pengikut yang cukup besar di satu atau lebih channel media sosial. Last but not least, berikan kebebasan kepada influencer untuk berkarya. Saat Anda memilih jasa influencer dari orang tertentu, artinya Anda percaya kepada orang tersebut untuk memberikan konten tentang bisnis atau brand Anda. Perlu diingat kembali bahwa setiap influencer pasti memiliki gaya tersendiri dalam menyampaikan konten.